Sabtu, 21 Juli 2012

SAUL HUDSON (SLASH)

KEHIDUPAN AWAL SLASH .

Slash atau soul hudson lahir di Hampstead, pinggiran kota London. Ayah Slash berasal dari Inggris, sedangkan ibunya keturununanAmerika-Afrika. Ibu Slash, Ola Hudsons, adalah seorang perancang pakaian yang bekerja untuk David Bowie, dan bapaknya adalah seorang seniman yang menyumbang ansambel hidup bagi musisi terkenal termasuk Neil Young dan Joni Mitchell. Slash dbesarkan di kota Stoke-on-TrentStaffordshire, sampai ia berumur 11 tahun, saat orang-tuanya memindahkan keluarganya ke Los Angeles,California di pertengahan tahun 1970. Tetapi kemudian orang tua Slash berpisah, dan setelah itu, Slash tinggal bersama ibunya danDavid Geffen. Dia diberikan nama panggilan "Slash" oleh teman keluarganya, Seymour Cassel. Saat berumur 16, sebelum ia dikeluarkan dari sekolah Crespi Carmelite, Slash diberikan gitar pertamanya oleh neneknya. Gitar itu hanya mempunyai 1 helai tali (string). Dia menghabiskan setiap harinya untuk berlatih. Akhirnya, fokus seluruhnya dipertaruhkan atas musik dan dia membuat keputusan untuk berhenti sekolah. Di artikel majalah Rolling Stone, katanya:

My big awakening happened when I was fourteen. I'd been trying to get into this older girl's pants for a while, and she finally let me come over to her house. We hung out, smoked some pot and listened to Aerosmith's Rocks. It hit me like a fucking ton of bricks . I sat there listening to it over and over, and totally blew off this girl. I remember riding my bike back to my grandma's house knowing that my life had changed. Now I identified with something.
(Kebangkitan besar saya terjadi ketika saya berumur empat belas tahun. Saya sudah mencoba memasuki celana gadis ini yang lebih tua untuk sesaat, dan dia akhirnya membiarkan saya datang ke rumahnya. Kami berkeluyuran, menghisap beberapa batang dan mendengarkan lagu Aerosmith, Rocks. Itu memukul saya seperti tertimpa satu ton bata. Saya duduk di sana mendengarkannya berulang-ulang kali dan secara total mengesampingkan gadis ini. Saya teringat saat mengendarai sepeda saya kembali ke rumah nenek dimana saat itu saya mengetahui hidup saya telah berubah. Sekarang saya bisa memahami sesuatu.)
Disamping Aerosmith, pengaruh awal Slash termasuk ClaptonIron MaidenRory GallagherJimi HendrixDavid BowieLed ZeppelinQueenRolling StoneThin LizzyAC/DC, Alice Cooper, Black Sabbath, Jeff Beck, Eric , Van Halen dan Festival of Weeks. Pada tahun1983, setelah gagal bergabung dengan Poison bersama teman masa kecilnya, Steven Adler, mereka bersama membentuk Road Crew. Slash menempatkan iklan di sehelai koran untuk bassis, dan setelah itu ia menerima jawaban dari Duff McKagan. Ketika Road Crew bubar, Slash bergabung dengan band lokal, Black Sheep. Diketuai oleh Willie Bass, band ini kemudian saling berbagi seorang agen dengan band lainnya, yang dikenal sebagai Hollywod Rose. Pada 1984, kedua band tersebut membuka untuk band Christian Metal Stryper. Setelah pertunjukan tersebut, Slash dan lead singer Axl Rose diperkenalkan kepada satu sama lain oleh seorang teman. Keduanya dengan cepat menjadi teman, dan setelah beberapa bulan, Slash dan Steven Adler diundang bergabung dengan Axl Rose,Duff McKagan dan Izzy Stradlin sebagai personel band, Guns N Roses..... Dan dia menjadi pemain gitaris terbaik dunia......


LIRIK DAN KUNCI GITAR COUNT ON ME - BRUNO MARS

                                      COUNT ON ME - BRUNO MARS





Intro - C (repeat several times)

Verse/Chorus - C, Em, Am, G, F

Bridge - Dm, Am, Dm, G


                C                                Em
if you ever find yourself in the middle of the sea
        Am          G        F
i'll sail the world to find you
C                                                          Em
if you ever find yourself lost in the dark and you can't see
        Am       G        F      
i'll be the light to guide you
Dm                          Am
   find out what we're made of
Dm                                     G
 when we are called to help our friends in need

you can count on me like one, two, three
i'll be there
and i know when i need it
i can count on you like four, three, two
and you'll be there
cos that's what friends are suppose to do
oh yeah
(ooh ooh ooh ooh ooh)
(ooh ooh ooh ooh ooh)
(yeah yeah)

if you're tossing and you're turning and you just can't fall asleep
i'll sing a song beside you
and if you ever forget how much you mean to me
everyday i will remind you
oh
find out what we're made of
when we are called to help our friends in need

you can count on me like one, two, three
i'll be there
and i know when i need it
i can count on you like four, three, two
and you'll be there
cos that's what friends are suppose to do
oh yeah
(ooh ooh ooh ooh ooh)
(ooh ooh ooh ooh ooh)
(yeah yeah)

you'll always have my shoulder when you cry
i'll never let go, never say good-bye

you know you can count on me like one, two, three
i'll be there
and i know when i need it
i can count on you like four, three, two
and you'll be there
cos that's what friends are suppose to do
oh yeah
(ooh ooh ooh ooh ooh)
(ooh ooh ooh ooh ooh)
you can count on me cos i can count on you.....



SUMBER: http://tabs.ultimate-guitar.com/b/bruno_mars/count_on_me_crd_949804id_17052010date.htm

LIRIK DAN KUNCI GITAR DEAR GOD - A7X

                                                                   DEAR GOD - A7X

Intro: F-C-Dm-Am-B-F-C x2
F C Dm Am
A lonely road, crossed another cold state line
B F C
Miles away from those I love purpose hard to find
F C Dm Am
While I recall all the words you spoke to me
B F
Cant help but wish that I was there
C
Back where Id love to be, oh yeah

F C Dm C
Dear God the only thing I ask of you is
B F
to hold her when Im not around,
C
when Im much too far away
F C Dm C
We all need that person who can be true to you
B F
But I left her when I found her
C
And now I wish Id stayed
B C
Cause Im lonely and Im tired
* Dm C B
Im missing you again oh no
F
Once again
F C Dm Am
Theres nothing here for me on this barren road
B F
Theres no one here while the city sleeps
C
and all the shops are closed
F C Dm Am
Cant help but think of the times Ive had with you
B F C
Pictures and some memories will have to help me through, oh yeah
F C Dm C
Dear God the only thing I ask of you is
B F
to hold her when Im not around,
C
when Im much too far away
F C Dm C
We all need that person who can be true to you
B F
I left her when I found her
C
And now I wish Id stayed
B C
Cause Im lonely and Im tired
* Dm C B
Im missing you again oh no
F
Once again
Dm * B F
Some search, never finding a way
Dm * B F
Before long, they waste away
Dm * B F
I found you, something told me to stay
Dm * B F
I gave in, to selfish ways
Gm C
And how I miss someone to hold
when hope begins to fade
F C Dm Am
A lonely road, crossed another cold state line
B F C
Miles away from those I love purpose hard to find
F C Dm C
Dear God the only thing I ask of you is
B F
to hold her when Im not around,
C
when Im much too far away
F C Dm C
We all need the person who can be true to you
B F
I left her when I found her
C
And now I wish Id stayed
B C
Cause Im lonely and Im tired
* Dm C B
Im missing you again oh no
F
Once again.....

Jumat, 20 Juli 2012

5 MACAM GITAR ELEKTRIC & 5 MACAM GITAR BASS UNIK

5 MACAM GITAR ELEKTRIC:


1.


2.


3.


4.


5.


5 MACAM GITAR BASS:

1.


2.


3.


4.

5.



SUMBER: Google.

TEKNIK-TENIK DALAM BERMAIN GITAR

TEKNIK-TENIK DALAM BERMAIN GITAR .
Ini dia teknik rumu dalam bermain gitar:

Jramming :
Mengejrengkan gitar dengan pick.

Alternate Picking :
Teknik memetik senar/string/dawai menggunakan pick (pemetik) dengan gerakan kebawah dan keatas atau sebaliknya secara konstan dan bergantian.

Slur :
Slur termasuk salah satu teknik bermain gitar yang sangat populer dan banyak dimainkan oleh para pemain gitar terutama lead guitar, dan merupakan salah satu teknik dasar yang penting dalam bermain gitar elektrik maupun gitar akustik. Teknik slur ini terdiri dari Hammer-On (ascending slur) dan Pull-Off (descending slur).

Hammer-On :
Cara memainkannya : Petiklah not yang lebih rendah dari 2 not, sementara not
pertama masih berbunyi, jari yang lain dari tangan kiri
diketukkan di not ke-2 tanpa harus dipetik lagi.

Pull-Off :
Cara memainkannya : Petiklah not yang lebih tinggi dari 2 not, sementara not
Pertama masih berbunyi, jari yang dipakai untuk menekan not tersebut dilepaskan dengan cara mencongkel senar sampai senar terpetik dan membunyikan not kedua yang lebih rendah. 

Legato :
Legato merupakan teknik slur yang dilakukan tanpa pemetikan not awal atau not tertentu. Biasanya terdiri atas beberapa slur yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan.

Bending :
Teknik ini terdiri dari 3 macam, yaitu: 

* Natural Bending
Cara memainkannya :
Senar ditekan dengan not yang dikehendaki, lalu jari tersebut digerakan keatas atau kebawah sehingga    bunyi yang dihasilkan lebih tinggi dari bunyi not semula. Untuk senar 1(E), 2(B) dan 3(G) bending dimainkan keatas, sedangkan senar 4(D), 5(A) dan 6(E) dimainkan ke bawah.

* Release Bending
Cara memainkannya :
Bending dilakukan terlebih dahulu sebelum dipetik sehingga belum menghasilkan suara, setelah senar digerakkan ke atas kemudian senar tersebut dipetik dan dikembalikan ke not asal tanpa dipetik kembali.

* Unision Bending
Cara memainkannya :
Senar yang lebih tinggi atau not yang lebih rendah dari 2 not, di-bending sampai memiliki not yang sama dengan not yang lebih tinggi dan dibunyikan secara bersamaan.

Slide :
Dimainkan dengan menggeser jari yang menekan senar dengan not tertentu menuju ke not yang lain dengan arah maju atau mundur (Ascending slide atau Descending slide).

Harmonic :
Teknik yang dilakukan untuk menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal menggunakan teknik touch.

Tapping :
Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.

String Skipping :
Teknik yang di mainkan dengan cara melewati (melangkahi) 1 senar atau skip senar.

Sweep Picking :
Teknik yang di mainkan seperti gerakan mengusap (sweep), dan di gunakan untuk memainkan teknik yang di sebut Sweeping.

Arpegio:
Teknik memecah chord atau kunci untuk kemudian di jadikan melody dengan membunyikannya secara bergantian (teratur) tidak bersamaan karena kalau bersamaan namanya chord. Paling sering di aplikasikan untuk Sweep Picking (Sweeping) tapi arpegio juga bisa di mainkan dengan teknik lain seperti String Skipping yang di sebut "String Skipping Arpegio".

Ascending :
permainan bergerak dari nada rendah ke nada tinggi.

Descending :
kebalikan dari ascending, yaitu permainan bergerak dari nada tinggi ke nada rendah.

Barre :
satu jari yan menekan beberapa senar atau fret sekaligus.

Chicken picking / hybrid picking :
teknik petikan denga menggunakan pick dan jari. biasanya sering di pakai oleh musisi country.

Clean guitar :
suara gitar asli tanpa di pengaruhi oleh efek apapun.

Five not per string :
lima not tiap senar.


Outside :
bermain keluar dari key center.

Passing note :
nada yang berfungsi sebaga penghubung.

Range :
rentang atau jangkauan nada.

Slide up :
membunyikan satu nada kemudian menggeser ke nada yang lebih tinggi.

Slide down :
kebalikan dari slide up.

Stretching :
gerakan membentangkan jari yang berdekatan sejauh mungkin.




SUMBER: http://guitarid.blogspot.com/2011/10/teknik-teknik-dalam-gitar-dan.html

PENGERTIAN DALAM TEKNIK TAPPING


PENGERTIAN DALAM TEKNIK TAPPING .
Pada artikel ini, penulis akan kembali berikan lick gitar untuk berlatih bagi sobat pembaca. Lick gitar yang akan diberikan ini ditujukan untuk mengembangkan keahlian Tapping sobat pembaca. Memang rasanya kurang lengkap jika permainan gitar tidak disertai dengan teknik ini… Hehe…
Mungkin sobat pembaca juga telah mengetahuinya, jika teknik Tapping ini dipopulerkan oleh Edward (Eddy) Van Halen melalui lagu-lagunya, semisal Eruption, dan lain-lain. Yah, walaupun ia bukan penemu teknik ini, tidak dapat dipungkiri, setelah ia banyak memainkan teknik ini, banyak gitaris menggunakan teknik Tapping dalam permainan mereka. Bahkan, teknik ini sekarang telah jauh berkembang, dengan mengombinasikannya dengan teknik ArpeggioSlide, dan lain-lain. Begitu pula dengan jari yang digunakan untuk teknik ini, mulai dari 1 jari, 2 jari, bahkan menggunakan keseluruhannya.
Mungkin sebagai permulaan, penulis memberikan lick ini masih dalam bentuk sederhana, tetapi diharapkan bisa cukup efektif membangun kekuatan jemari kanan saat melakukan teknik ini.  Sobat pembaca bisa menggunakan kombinasi jari tengah dan jari manis kanan sebagai permulaan. Jika telah lancar, coba gunakan kombinasi jari tengah dan jari kelingking. Hmmm… Jika ini juga telah mahir, coba gunakan kombinasi jari manis dan jari kelingking sobat pembaca. Berikut ini merupakan lick-nya
Cukup menantang kan?? Mungkin latihan ini akan sedikit melelahkan bagi sobat pembaca pada awalnya. Tetapi, seiring berjalan waktu, sobat pembaca akan terbiasa.
Oh iya, hampir terlupa, pastikan nada yang dihasilkan bersuara dengan baik. Setelah itu, baru ditingkatkan tempo-nya. Jika sobat pembaca telah bisa bermain baik pada tempo tinggi, baru sobat pembaca menggunakan kombinasi jari yang berbeda.
Hmm… Mungkin cukup sekian artikel ini. Memang, lick yang diberikan amat sederhana. Tetapi, jika dimainkan dengan tempo tinggi, sobat pembaca akan mendapatkan “sound” yang cukup keren… Setidaknya bagi penulis sih… Hahaha…

                                                                                                                                                                    Creat by. Kelvin Welicia Hafiz.