Jumat, 20 Juli 2012

CARA MEMEGANG PICK YANG BENAR


CARA MEMEGANG PICK YANG BENAR .
Sob.... saya rasa banyak yang belum tau gitar yaa? apa lagi megang pick... nih biar saya ajarin..... hehe....


 Saya rasa anda yang sedang belajar gitar atau malah yang belum bisa sama sekali pasti sudah punya pick, kalo belum punya, beli noh …!, atau pinjem sama temen. Atau jangan-jangan anda belum tau apa itu Pick? Saya anggap semua sudah tau yaa, itu loh alat bantu pemetik senar gitar yang terbuat dari fiber atau sebangsanya, malah ada yang terbuat dari gading. Kadang-kadang teman-teman saya menyebutnya dengan istilah “clubber” kalau tidak salah.

Kalau tidak mau beli coba anda  bikin sendiri aja dari plastik jilid (cover jilid), kan ada yang terbuat dari plastik dan agak tebal tuuh, naah… gunting deh, asal jangan map babeh yang disobek-sobek demi sebuah pick gitar, huahaha…just kidding laah.

Sebaiknya beli aja deh, murah koq, paling-paling harganya cuman goceng alias 5 ribu perak, sisihin uang jajan, belilah beberapa biji, jangan pelit dong!, sesuatu itu harus ada pengorbanannya, cicil aja belinya, sebulan satu juga boleh.  Maksudnya jika anda punya beberapa buah pick, anda dapat melakukan percobaan dengan berbagai bentuk dan merek,  saya sarankan pilih ukuran menengah untuk memulai, yang tidak terlalu tipis tapi juga tidak terlalu keras/tebal, so nanti anda bisa tau jenis pick yang bagaimana yang cocok dengan selera dan nyaman di tangan anda.

Uraian berikut ini akan menjelaskan teknik memegang dan menggunakan pick gitar yang baik dan benar . 
  • Buka telapak tangan anda yang memegang pick (Picking Hand), dan putarkan sehingga menghadap ke wajah Anda.
  • Tutup tangan anda seolah-olah sedang membuat kepalan longgar. Ibu jari anda harus tetap di samping jari telunjuk Anda.
  • Putar kembali telapak tangan anda sampai  punggung  ibu jari (kuku ibu jari) menghadap kearah  wajah anda.
  • Dengan tangan anda yang lain, selipkan pick gitar anda diantara ibu jari dan jari telunjuk pada picking hand anda. Posisi pick harus ditempatkan kira-kira berada di belakang buku jari jempol.
 
  • Pastikan ujung lancip dari pick menghadap senar gitar (soundhole), menonjol keluar dari genggaman tangan anda sekitar setengah inci (1,5 cm), pegang pick dengan relaks tapi mantab.
  • Posisikan picking hand diatas soundhole gitar akustik anda, atau di atas gitar listrik anda. Posisi tangan picking anda harus mengambang tetapi dekat dengan senar.
  • Jangan menempelkan atau menyandarkan tangan picking anda pada senar atau badan gitar.
  • Teknik memetik (Stroke) yang benar pada gitar adalah dengan cara mengayunkan/menggerakkan pergelangan tangan anda saja, bukan dengan seluruh lengan anda.
Sekarang marilah kita praktekkan, petiklah senar terendah E (senar 6) pada gitar anda dengan gerakan ke bawah (Down Stroke) tentunya dengan menggunakan pick. Jika senar bergetar secara berlebihan, cobalah  kurangi power memetik anda sedikit lebih lembut dan santai, hingga suara petikan dengan pick anda terasa enak dan jelas.

  • Lalu, petik senar E (senar 6) tadi  dengan gerakan ke atas (Up Stroke).

  • Ulangi latihan stroke ini berulang kali untuk  melancarkan gerakan memetik dari tangan picking anda, semakin lama semakin cepat, latihan ini disebut juga dengan “Alternate Picking”.
  • Lakukan latihan yang sama pada senar kelima (A), keempat (D),  ketiga (G), kedua (B), dan senar pertama (E).
    Tips: 
  • Bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan pick pada awalnya pasti  akan merasa canggung. Tetapi itu hal yang biasa, teruskanlah, nanti juga akan terbiasa, bisa karena biasa atau bisa karena dipaksa, dipaksa supaya bisa maksudnya aah….,pusing kan? 

  • Jika anda sudah mulai menguasai teknik memegang pick ini, suara petikan Down Stroke dan Up Stroke yang dihasilkan seharusnya hampir mirip.
Selamat berlatih, semoga posting ini ada manfaatnya sobb..... :D




SUMBER: http://gitarchordshack.blogspot.com/2011/11/cara-memegang-dan-teknik-latihan.html 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar